Search
  • Remaja Tampubolon

Work From Home - Me Time yang Produktif

Kondisi pandemi saat ini sejujurnya sangat menakutkan. Semua orang yang terganggu aktifitasnya karena virus yang sangat mengkawathirkan. Kita tidak bisa saling tunjuk dan menyalahkan, dunia kita sedang sakit dan bukan waktunya untuk berdebat. Menjaga jarak dan menghindari kontak langsung dengan orang lain, apalagi ke tempat ramai adalah hal terbijak yang bisa kita lakukan untuk saat ini. Menjaga diri dan menjaga sekitar kita adalah tanggung jawab yang harus kita ingat terus menerus. Itu kenapa, banyak institusi dan kantor yang menyarankan kita untuk Work From Home.

Tidak banyak yang punya privilege untuk bisa kerja dari rumah, namun untuk kita yang beruntung mendapatkannya mari jadikan ini sebagai kesempatan untuk Me Time yang Produktif. Ingat, konsep Work From Home ini bukan Liburan loh ya. Tapi tidak bisa di pungkiri, rasanya kerja kita lebih santai karena memang kita kerja dekat dengan kasur dan kulkas. Hahaha


Jadi bagaimanakah cara kita untuk bisa menjadikan Work From Home ini tetap efektif dan tidak membuat stress? Tentu saja tips ini mungkin tidak bisa dipukul rata untuk semua profesi, tetapi saya harap bisa membantu untuk kalian tidak merasa jenuh dan terkekang di dalam rumah.


1. Walaupun anda tidak berangkat keluar rumah atau harus commute ke suatu tempat, sarapan dan rutinitas pagi anda tetaplah dijalankan. Tubuh anda sudah terbiasa bangun untuk berangkat kerja, jadi tetap cukupkan kebutuhan pagi anda. Jika yang biasanya bangun pagi olahraga, bisa tetap olahraga pagi di dalam rumah. Yang biasanya harus ngopi di jalan saat berangkat kerja, buatlah kopi pagi anda. Jalani pagi anda selayaknya anda mau berangkat kerja, Jika anda biasanya ngobrol dengan rekan kerja di pagi hari, sekarang anda bisa ngobrol dengan pasangan anda. Rutinitas anda tidak sepenuhnya berubah, hanya dimodifikasi. Kenapa? Bisa malas nanti kalau kita izinin diri kita terlalu santai dan kebanyakan kompromi.


2. Bapak-bapak, ibu-ibu, mas dan mbak, Walaupun conference call di Zoom hanya bisa menangkap gambar dan suara, bukan aroma. Tetaplah mandi. Ganti baju anda yang pasti bukan baju tidur. Tetaplah berbenah dan bersihkan diri. Ini bukanlah hal yang rumit untuk dimengerti, pastinya kalau kita segar pikiran kita juga segar dan lebih semangat untuk kerja.


3. Jika anda punya 2 jam lebih yang biasanya anda habiskan di jalan menuju kantor, wajar jika anda bangun setengah jam lebih telat. Tapi waktu yang anda punya itu sekarang bisa jadi kesempatan untuk anda mencoba hal-hal baru. Mungkin belajar masak? Belajar Bahasa baru dari youtube? atau sekedar nonton film yang anda mau. Waktu luang anda juga bisa produktif dan fun loh. Tapi ingat, ada waktu untuk santai ada waktu untuk bekerja. Disaat jam kerja anda dimulai, anda harusnya sudah ready untuk bekerja.


4. Kerja ya kerja. Hindari distraction dan fokus dengan tugas anda. Jika memungkinkan untuk buat daily planner, buat lah daily planner dan deadlinenya. Apa yang harus dishare ke kantor hari ini? Apa yang harus anda diselesaikan hari ini? Walau tidak ada boss yang memantau, diri anda harus memantau sendiri untuk produktifitas hari ini.


5. Siapkan gelas minum di dekat anda. Kadang di kantor kita lupa untuk mengurus diri kita dan menjaga kesehatan. Berjam-jam depan laptop dan handphone, dengan posisi duduk dan membungkuk. Mumpung anda di rumah, anda bisa memperbaiki pola kerja anda. Menjaga kesehatan di waktu yang rentan seperti ini adalah hal yang wajib kita highlight.


Tidak ada yang lebih mahal daripada kesehatan lahir batin seseorang. Walaupun saya disini memberi tips untuk kalian yang bisa kerja dari rumah, ada baiknya kita berdoa untuk orang-orang yang tidak memiliki pilihan selain kerja keluar. Para dokter, para perawat, dan orang-orang lain yang harus keluar rumah untuk membantu orang lain. Tugas kita sebagai orang-orang yang sehat dan beruntung adalah untuk menjaga diri dan sesama dengan tetap produktif di dalam rumah. Jangan keluar dan meremehkan kondisi ini, jika kita gegabah, diri kita atau orang lain bisa dalam bahaya. Kerugian material bisa dicari di lain hari, tetapi kesehatan kita dan orang orang terkasih tidak bisa dikompromi.


Mari bersama-sama kita support satu dan lainnya agar tidak merasa terkekang di dalam rumah. Kita tetap bisa berkarya dan bercahaya di waktu yang kelam seperti ini.

Tetap sehat yaa semua,


Salam.

Remaja Tampubolon




1 view0 comments

Recent Posts

See All